بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

Inilah Langkah Membuat Akun Blog bagi Pemula - Tutorial Blog






Alhamdulillah, malam ini masih diberikan kesempatan untuk berbagi bersama kalian. Aku udah komitmen bakalan share tentang tutorial blog kepada kalian semua. Tapi step by step yah. Kita mulai dari awal dulu. Oke guys. Malam ini, sesuai dengan judul postingan kali ini aku bakalan share sama kalian semua terkait cara membuat akun blogger. Buat kalian yang dapat artikel ini pasti sudah tahu lah ya tentang blog. Nah, sama dengan pemahaman kalian bahwa blog itu salah satunya adalah wadah untuk berbagi. Banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan memiliki akun blog. Kenapa? Sebelum masuk langkah-langkan membuat akun, boleh ya share dikit. Mudah-mudahan setelah baca postingan ini kalian jadi semangat untuk melanjutkan perjuan membuat blog dan semangat untuk menulis di blog nantinya.

Sumber: www.instaliputan.com


*Selain sebagai wadah untuk saling berbagi, blog juga memiliki fungsi lainnya. Misalnya nih, dengan aktif menulis di blog kalian bisa mendatangkan pundi-pundi rupih yang tentunya lumayan lo. Kok bisa? Bisa dong. Ada banyak kok kompetisi blog menulis artikel yang bisa kalian ikuti. Daftar untuk jadi Publisher Google Adsense juga akan menghasilkan rupiah hanya dengan mengizinkan iklan nongkrong di blog kita. Keren kan?

*Save memories. Selain suka memotret, aku tipe orang yang suka mengabadikan momen dalam sebuah tulisan. Menurutku hasil potret yang dipadukan dengan tulisan akan membuat mojmen itu terasa selalu ada. Yuhuuu.... :D. Nah ini guys, kalau kalian rajin mengabadikan momen kalian di blog maka momen itu akan terus tersimpan dan kalian bisa melihatnya kapan saja. Intinya ya rajin nulis aja sih.

*Memunculkan jiwa kreatif. Tentu saja hal itu akan ada dengan sendirinya. Ketika kalian mampu mengekspresikan diri kalian dalam tulisan, maka kalian sudah mampu untuk mengungkapkan jati diri kalian yang sebenarnya. Pasti kalian akan berpikir keras, bagaimana sih bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan enak dibaca? nah, hal itu tentu akan menggali kreativitas kalian untuk terus berkreasi dalam tulisan.


Oke guys, sekarang kita masuk pada inti tulisan ini dibuat ya *hehehe. Jadi bagia kalian yang pemula silahkan ikuti langkahh-langkah berikut ini untuk membuat akun blogger. 
1. Hal pertaman yang harus kalian lakukan adalah silahkan masuk di laman blogger
2. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lihat tanda panah, klik create your blog.


3. Tahap ini kalian akan diarahkan untuk memasukkan akun gmail. Bagi kalian yang belum memiliki akun gmail, silahkan buat terlebih dahulu. Untuk tutorial membuat akun gmail, silahkan klik disini. Bagi yang sudah memiliki akun gmail, langsung isi saja sesuai dengan email yang dimiliki.



4. Setelah itu akan ada tampilan untuk memasukkan kata sandi. Silahkan masukkan kata sandi kalian.




5. Maka akan tampak tampilan seperti di bawah ini. Untuk kotak biru, bisa diisi dan bisa juga tidak diisi. Kotak tersebut berfungsi sebagai profil kalian. Tergantung dari kalian ingin menggunakan profil blogger atau profil google. Jika sudah selesai, maka klik lanjutkan blogger.



6. Oke, kalau kalian sudah masuk dalam tampilan ini maka langsung saja klik buat blog baru.




7. Perhatikan! Untuk kotak judul, masukkan judul blog yang kalian inginkan. Apapun sesuka hati kalian. Dan untuk kotak alamat akan berfungsi sebagai alamat blog yang kalian punya. Sebaiknya gunakan nama kalian agar lebih mudah diingat.




8. Sebagai tambahan, ketika memasukkan alamat blog akan sedikit sensitif. Mengapa? Karena terkadang sudah ada yang memiliki nama blog yang sama atau blog memang tidak menginginkan alamat kalian. Jadi masukkan alamat yang bisa sesuai dengan keinginann blogger. Akan ditandai dengan tanda ceklis. Perhatikan gambar di bawah ini. Kotak biru  yang kedua adalah pilihan tema untuk blog kalian. Lalu klik kotak buat blog.




9. Nah. Kita sudah hampir selesai. Sabar ya. Sekarang waktunya untuk berbagi lewat tulisan kalian. Untuk selanjutnya kalian tinggal klik entri baru.




10. Finally, kita sudah sampai tahap terakhir nih.Ayo mulai tulisan kalian dan bagikan postingan kalian agar bisa sialing berbagi kepada sesama. Judul postingan disesuaikan dengan postingan yang kalian tulis. Untuk label, silahkan isi labelnya. Apakah tentang musik, curhata, tugas sekolah/kuliah, tutorial dan sebagainya. Oiya, untuk penulisan label jangan lupa berikan tanda koma agar ada pemisahan antara label satu dan lainnya. Kotak besar itu berfungsi untuk menampung segala keresahan atau pengetahuan kalian yang sudha menumpuk dan siap untuk di sharing dalam tulisan. Setelah selesai menulis, jangan lupa untuk publikasikan yah. Kan sayang kalau tulisan hanya akan jadi draft saja.



Alhamdulillah, postingan udah selesai. Ini bukan menjadi akhir bagi kalian. Tetapi ini adalah awal bagi kalian untuk menyalurkan segala apa yang ingin kalian salurkan melalui tulisan-tulisan hebat kalian. Jangan pernah berpikir apa yang akan kalian tulis, tetapi silahkan tulis saja apa yang ada dalam benak kalian. Apa saja! Jangan pernah pikirkan bahwa kata dan kalimat ini tidak bagus atau tidak cocok dan sebagainya. Tetapi, tuliskan saja apapun itu.

Buat kalian, semangat nulis yah. Terimakasih sudah berkunjung. Buat yang sudah jadi blognya, coret-coret yuk alamat blog kalian. Kita saling mengunjungi.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)