بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

ACCESSTRADE: Menambah Penghasilan dengan Blog



Hai Sobat Vii!
Kali ini, sesuai dengan janji aku kemarin di postingan sebelumnya bahwa aku akan membuat konten secara terpisah yang membahas Accesstrade secara terpisah. Nah, jadi kali ini silahkan fokus dan jangan sampai kalian tidak memahami sama sekali setelah membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Simak terus yah :)

Logo Accesstrade (Sumber: deteksi.info)
ACCESSTRADE merupakan platform afiliasi yang berasal dari Jepang dan sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2013. Platform afiliasi ini hadir untuk mempertemukan antara perusahaan yang memasang iklan dan pemasang iklan yang ingin memasang iklan di website atau blognya sendiri. Sistemnya simbiosis mutualisme lah. Kurang lebihnya seperti itu. Jadi Accesstrade ini akan memberikan komisi kepada si pemasang iklan untuk setiap transaksi yang berhasil dilakukan oleh pengunjung web/blog nya. 

Pendaftaran accesstrade ini ada dua jenis. Yang pertama sebagai advertiser dan yang kedua sebaagi publisher. Jika kalian ingin memasarkan produk ataupun perusahaan kalian, maka kalian harus mendaftar sebagai advertiser. Namun, jika kalian adalah pemasang iklan yang ingin menambah pundi-pundi rupiah sebagai kerja sampingan ya silahkan daftar jadi publisher. It's so simple, right?

Caranya gimana supaya bisa menghasilkan uang melalui accesstrade ini?
Nah, ini nih yang paling ditunggu-tunggu ya kan? Jadi hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat akun sebagai publisher ya. Hampir sama sih kayak google adsense. Registrasi terlebih dahulu. Kemudian, ya menunggu persetujuan dari pihak accestrade. Blog kamu ini sudah bisa untuk menayangkan iklan atau belum. Gitu lah. Aku sih waktu itu menunggu sekitar satu bulanan untuk bisa diterima. Sampai-sampai aku lupa kalau aku pernah registrasi menjadi publisher di accesstrade ini. 

Awalnya buka email, kemudian menerima message langsung yang menyatakan 'SELAMAT' katanya. Ah! Apa ini? pikirku. Tapi setelah kutelusuri, baru kuingat bahwa sebulan yang lalu aku pernah searching platform sejenis google adsense yang bisa menghasilkan uang melalui blog. Barulah aku paham lalu mencoba log in. Dan pada saat log in, akun ku bermasalah. Aku sampai bingung kenapa kok ga bisa log in? Akhirnya aku cari solusi dengan cara inbox melalui Facebook Accesstrade dan alhamdulillah fast respon loh. Mereka sudah membantu untuk mengaktifkan kembali akunku, dan ternyata masih sama. Tampilan log in nya malah jadi blank warna putih. 

Bingung untuk kedua kalinya. Dan akhirnya ku ketahui bahwa ternyata website ini tidak mau diakses melalui Mozilla Firefox, melainkan Google Chrome. Jadilah aku instal Google Chrome lalu log in.

Itu hanya sedikit pengalamanku yang jika saja kalian mengalami hal yang sama kayak aku. Kalian sudah tahu bagaimana cara mengatasinya. Kalau kurang paham, kalian bisa inbox saja pihak Accesstrade Indonesia, mereka ramah banget. 

Oke guys, setelah log in kalian ga bisa langsung mau memasang iklan begitu saja. Tetapi kalian haru meminta kesediaan perusahaan atau pihak yang memasang iklan agar bisa memasang iklan mereka di blog kalian. Jadi setelah kalian masuk dalam tampilan publisher dashboard, maka kalian akan melihat menu campaign yang terletak di bawah menu dashboard. Perhatikan gambar di bawah ini.

Tampilan Publisher Dashboard (Sumber: potret pribadi)
Pada menu campaign yang telah di beri tanda merah tersebut ada tertulis campaign tersedia, campaign afiliasi, campaign sudah di daftar dan campaign ditolak. 

Campaign tersedia adalah perusahaan atau pihak advertiser yang telah menerima kalian menjadi publisher untuk mengiklankan produk mereka. Jadi daftar dalam campaign tersedia inilah yang nanti akan kalian masukkan iklannya di dalam blog kalian masing-masing. Setiap advertiser tentu memiliki peraturan masing-masing, mulai dari komisi yang akan diberikan untuk publisher. Bahkan jumlahnya pun tertera dengan sangat jelas. Jadi kalian bisa memantau berapa pengahsilan kalian melalui sistem ini. Yang paling penting adalah baca peraturan atau semacam perjanjian yang telah tertera dalam setiap advertiser. Semangat!

Campaign Afiliasi adalah daftar campaign yang bisa kalian daftarkan untuk kalian iklankan. Jadi kalau aku sebelum meminta untuk menjadi publisher bagi advertiser, yang kulakukan adalah membaca ketentuannya terlebih dahulu. Jadi aku memilih-milih campaign yang akan aku iklankan dalam blogku. Karena daftar campaign ini ternyata bukan hanya dari advertiser Indonesia saja melainkan ada juga yang dari Singapura dan Malaysia. 

Campaign yang Sudah Didaftar adalah daftar campaign yang telah kalian daftar namun belum disetujui oleh pihak Accesstrade. Maka akan ada dalam campaign yang sudah didaftar ini. Jika telah disetujui, maka akan ada pemberitahuan melalui email lalu akan masuk dalam daftar campaign afiliasi yang siap untuk diiklankan di blog kalian masing-masing.

Campaign Ditolak adalah semua daftar campaign yang kalian coba untuk daftar dan ditolak. Namun sejauh ini alhamdulillan belum ada campaign yang aku daftar ditolak. Mereka butuh diiklankan, masa sih mau menolak ya kan? Pun ketika pengajuan kalian di tolak, kalian tidak perlu khawatir karena masig banyak afiliasi lainnya yang bisa kalian daftarkan.

Nah guys, jika telah diterima jangan sia-siakan untuk tidak mengiklankan afiliasi tersebut. Perhatikan kembali gambar di bawah ini!

Tampilan Menu Campaign Tersedia (Sumber: Potret Pribadi)
Baiklah, aku akan menjelaskan kepada kalian agar kalian paham dengan maksud dan sistem yang digunakan dalam accesstrade ini. Untuk afiliasi yang ada dalam kotak berwarna merah adalah Kredivo Register Campaign. Ini adalah semacam miliki advertiser yang akan kalian promosikan atau iklankan nantinya. 

Nah, untuk yang dilingkari dengan warna kuning itu adalah penjelasan secara detailnya terkait dengan apa saja yang mereka inginkan. Terdapat pula penjelasan mengenai nama campaign nya dan mau diapakan dan sebagainya. Ada pula link yang bisa kalian ambil dan ditempel di blog kalian nantinya. Hampir sama kayak google adsense juga kok, menempelkan link. Ada link banner, da pula link text biasa aja. Terserah kalian pilih yang mana.

Sedangkan yang ada dalam kotak berwarna biru adalah penjelasan komisi. Komisi yang akan didapatkan publisher jika berhasil menggait pengunjung. Untuk Kredivo Register Campaign ini sudah jelas meminta kepada publisher untuk mendatangkan pengunjung yang registrasi di Kredivo ini. Disitu tertulis Registrastion (21000IDR). Maksudnya adalah jika ada pengunjung berhasil registrasi akun Kredivo melalui link yang kalian bagikan, maka untuk satu pengunjung yang registrasi kalian akan mendapatkan komisi sebesar Rp.21.000

Gimana? Lumayan kan? Aku hanya menjelaskan satu campaign aja lho. Belum lagi campaign yang lainnya. Silahkan dikalkulasikan sendiri jika dalam satu hari kalian bisa mendapatkan lima pengunjung yang registrasi dengan komisi tersebut. Kalikan saja Rp.21.000 ini dengan lima pengunjung. Satu hari saja dengan modal tulisan, kalian sudah mendapatkan komisi Rp.100.000. Jika lebih dari lima, ya hitung sendiri lah. Intinya seperti itu. 

Itupun Kredivo hanya butuh pengunjung yang registrasi saja. Ada lho, campaign yang menyediakan komisi bagi publisher jika publisher berhasil mendatangkan customer yang registrasi akun bahkan sampai membeli produk. Ada komisi nya masing-masing. Keren kan? Semoga kalian ga nyesal karena telah membaca artikel sepanjang ini *hihihi*

Oke guys, untuk kali ini postingannya sampai disini dulu ya. Ini baru penjelasan yang menurutku sudah kupaparkan sedetail mungkin dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Mudah-mudahan kalian bisa memahami dan tetunya bermanfaat. Semoga setelah membaca artikel ini kalian bersemangat untuk daftar menajdi publisher di accesstrade lalu menjadi publisher yang sukses. *Amin*

Aku pun masih belajar kok. Semua yang kujelaskan disini hanya berdasarkan pemahamanku yang bisa dikatakan masih minim dan perlu lagi banyak membaca referensi lainnya. Nah, untuk cara mendaftar sebagai publisher nya akan kujelaskan di postingan selanjutnya yah. Akan kupaparkan dengan sangat jelas langkah-langkah beserta gambarnya agar mudah dipahami.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)