بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

Cara Mendapatkan Uang Melalui Internet


Halo Sahabat Vii....
Sesuai dengan judul postingan, aku akan berbagi tips atau semacam cara yah untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Era digital saat ini tentu sangat menggiurkan bagi mereka yang paham dengan cara menggunakan internet. Nah, penjelasan kali ini akan sangat simple, tidak terlalu ribet agar mudah untuk dipahami.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan yang bermodalkan jaringan internet. Simak satu per satu ya dan pahami. Siapa tahu kalian bisa menjadi salah satu diantara mereka yang telah sukses meniti karirnya di dunia maya. Apa saja? Check it out!
Menurutku ini adalah yang paling umum. Buat kalian yang hobi menulis, jangan pendam dalam diary saja atau menumpuk dalam folder komputer, smartphone atau laptop. Tetapi, salurkan kepada pembaca mealui website yang bisa menampung tulisan kalian. Yang suka mengatur sendiri websitenya, bisa kok join jadi blogger. Bisa pake akun wordpess ataupun blogspot. Mana saja yang kalian sukai atau paling tidak dipahami dulu lah. Kalau aku sih, pakai blogspot. Awalnya belum kenal wordpress, tapi ternyata ada juga yang semacam blogspot gitu. Nah itulah wordpress.

Nah, kalian pasti bertanya-tanya. Kok bisa punya akun blog kemudian menambah penghasilan. Bisa dong. Banyak yang bisa kalian lakukan dengan akun blog kalian sendiri. Selain seru, bisa mengasah kreativitas kalian. Kalau aku sih, memang suka mengatur tampilan blog yang sesuai dengan keinginanku. Widget apa saja yang perlu diatur dan tulisan apa saja yang ingin ku publish dan sebagainya. Maka, hadirlah ViiJourney's ini untuk memberikan hal-hal yang InsyaAllah bermanfaat bagi kalian yah.

Selain punya akun blog sendiri, ada juga kok redaksi yang bisa menampung tulisan kalian kemudian dibayar. Ini bisa dijadikan opsi buat kamu yang memang tidak doyan punya akun blog atau mungkin bisa jadi ya kamu belum paham cara menggunakan dan mengelola blog. Misalnya, kalian adalah type oang yang suka buat cerpen. Ada redaksi yang menerima tulisan berupa cerpen, opini, puisi, berita dan artikel lainnya. Coba saja kirim tulisan kalian di Kompas, Media Indonesia, detik.com, Republika dan masih banyak lagi. Aku pernah sih mengirim beberapa tulisanku ke beberapa redaksi tersebut, tapi alhamdulillah belum mendapat fee. Karena emang baru pertama kali ngirim. *hahaha*. Jadi sistemnya, nanti ada redaksi yang akan memeriksa tulisan yang kalian kirim, kalau diterima bakalan dibayar tulisan kalian. Tapi kalau ditolak ya, kalian harus coba lagi yah :)

Coba untuk mengintip pengalaman orang lain waktu ngirim redaksi ke media online tersebut, memang tidak semudah itu. Karena naskah kita harus diseleksi terlebih dahulu. Ada juga tahap revisi dan bahkan sampai ditolak begitu saja. Tapi kalau diterima, alhamdulillah fee nya bisa buat nambah uang jajan mahasiswa *hahah* Coba aja, aku sudah sih tapi belum berhasil. Masih mencoba terus. Doain aja ya :D

Ada juga loh, kayak akun IDN Times, Travellingyuk.com, Doripos, dan sejenisnya yang sistemnya adalah mengumpulkan poin gitu. Jadi poin yang didapatkan ini akan ditukarkan dengan uang. Nah asalnya poin ini dari para viewers. Misalnya, kalian membuat artikel dengan kategori yang disediakan lalu mempublish artikel kalian. Semakin banyak yang membaca artikel kalian maka kalian pun akan memiliki banyak poin. Kalau poinnya sudah banyak ya pastilah banyak juga uang yang bisa ditukarkan. Lebih dan kurangnya ya seperti itu, paham ya :D *aku anggap kalian paham deh*

Nah, yang suka bersosial media siapa? Banyak pastinya ya. Ini akan sangat berpeluang besar bagi kalian yang memiliki banyak waktu untuk sosial media. Bermain WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter dan sejenisnya bisa menambah penghasilan kalian. Caranya? Promosi aja lah. Aku pernah loh, menjadi reseller untuk menambah uang jajanku. Dulu waktu masih semester tiga kayaknya deh. Selama satu tahun aku menggeluti Online Shop, alhamdulillah banget. Penghasilannya bisa lah buat nambah uang jajan, sekaligus bantu biaya kos, uang listrik bulanan dan yang paling penting uang buat beli kuota.

Era digital sekarang yah, lebih baik nggak makan daripada nggak punya kuota kan? Siapa tuh, hayo? *haha* Ngaku aja lah, kaena aku pun gitu *tapi kadang-kadang kok*. Saat itu, aku berpikir bahwa setiap bulan aku bakalan beli kuota, buka WA, facebook dan instagram. Yang aku pikirkan pada saat itu adalah sayang banget kuota nya cuma pake buka gituan aja terus update status yang bahkan mengumba kegalauan dan sejenisnya. Jadilah, waktu pertama kali punya smartphone aku langsung inisiatif untuk jadi reseller melalui shopee. Alhamdulillah keuntungannya lumayan loh, kalau bisa ditekuni dengan baik penghasilannya bakalan luar biasa.

Tapi, sekarang udah berhenti. Sayang banget kan? Iya aku juga berpikir kayak gitu. Tapi mau gimana lagi, smartphone ku sekarang udah ga bisa pake buka shopee lagi. Aplikasi pun yah yang penting-penting aja diinstal. Jadilah aku istirahat dulu Olshop nya dan InsyaAllah lanjut lagi nanti kalau sudah punya smartphone baru. *Amiinnn* Doain ya. Kalian juga jangan lupa, coba buat OlShop. Modal kuota aja sama rajin upload gambar produk, rajin komentar, dan ramah sama customer. InsyaAllah rezeki lancar. :)

Advertiser itu apa sih? Jadi advertiser adalah pengiklan. Dalam artian mengiklankan barang atau jasa melalui online. Advertiser yang sedang trend saat ini adalah menggunakan fitur Google Adsense. Nah fitur inia adalah salah satu fitur yang paling banyak digunakan. Sistemnya sangat mudah. Cukup mendaftar saja menjadi advertiser, lalu menunggu persetujuan dari pihak google dan kemudian memasang iklan. Pasang iklannya dimana? Nah, memasang iklan di blog masing-masing yah. Jadi pada saat pendaftaran pun, kalian akan memasukkan link blog kalian yang akan diperiksa juga oleh google sebagai bahan pertimbangan. Apakah blog tersebut sudah bisa digunakan untuk menayangkan iklan atau belum.

Menjadi advertiser akan sangat menuntungkan apabila kalian benar-benar serius menggeluti bidang ini. Mengapa? Karena menajdi advertiser harus terus meng-upgrade diri agar terus kreatif dalam membuat konten tulisan. Jangan malas-malas menulis konten kayak aku yah *hihihi*. Karena jika konten kreatif, maka akan mengundang banyak visitor yang nantinya akan menambah peluang kalian dalam sukses menjadi advertiser. Karena peluang klik iklan pun tentu akan bertambah pula. Jadi semakin banyak visitor yang meng-klik iklan dalam blog kalian maka banyak pula penghasilan yang kalian dapatkan melalui adsense ini.

Selain bermitra dengan google adsense, kalian bisa bekerja sama pula dengan Accesstrade. Mendaftar sebagai publisher accesstrade pun akan sangat menjanjikan bagi kalian untuk menambah penghasilan. Bahkan jika mampu digeluti dengan cermat, kalian bisa menjadikan accesstrade sebagai salah satu profesi rutin kalian. Bukan ingin membandingkan, tetapi accestrade sistemnya lebih mudah dan fee nya pun terbilang lumayan untuk satu kali klik saja. Bahkan, selain klik ada juga yang memberikan fee jika ada visitor yang bisa sampai pada tahap registrasi. Itu adalah salah satu contoh kecilnya. Misalnya lagi nih, Bukalapak bekerja sama dengan accesstrade lalu kita menjadi publisher untuk mempromosikan Bukalapak ini. Nah perjanjian dari Bukalapak, akan memberikan fee sebanyak Rp.5.000 bagi visitor yang registrasi. Perjanjian kedua, Bukalapak akan membayar publisher sebanyak Rp.10.000 jika ada visitor yang membeli produk di Bukalapak, dan seterusnya. Itu hanya sebagai contoh saja ya. Bagi kalian yang masih pusing dengan sistem ataupun cara menggunakan accesstrade ini, aku akan membuat konten secara terpisah mengenai cara menggunakan accesstrade ini.

Oke guys. Semua yang ada dalam tulisan ini dibuat berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dan pengalaman yang masih terbilang sangat minim. Rajin-rajin lah membaca untuk memperkaya referensi dan belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain meski hanya melalui goresan-goresan penanya. Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfat bagi kalian semua dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)