بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

Memories: Apa itu ICN? - Pengalaman Mengikuti ICN 2018



Hai sahabat Vii!
Episode kali ini aku akan berbagi pengalaman yang luar biasa bagi diriku sendiri. Pengalaman ikut kegiatan ICN 2018. Sebenarnya sudah sangat lama aku ingin membagikan pengalaman ini kepada kalian, tapi maaf baru kesampaian sekarang. Aku pernah mengabadikan momen hari ketigaku pada saat di Tangerang, malam itu aku sempat mengabadikannya dalam sebuah tulisan meski tidak panjang tetapi setidaknya ada, bagi yang belum baca monggo bisa dibuka postingan ini "Story of Today. #ICN2018 di Universitas Prasetya Mulya".

Buat kalian yang tengah membaca postingan ini bisa jadi kalian adalah salah satu mahasiswa yang tengah mencari informasi terkait dengan ICN (Indonesian Culture Nationalism) yang diadakan oleh Student Board Universitas Prasetiya Mulya. Langkah awal yang tepat jika kalian mencari informasi terlebih dahulu terkait dengan kegiatan yang akan kalian ikuti. Ini dilakukan sebagai antisipasi hal yang akan terjadi dan juga memberikan gambaran kepada kalian terkait dengan kegiatan tersebut. Hitung-hitung yah supaya persiapan kalian lebih matang lagi. Buat kalian, Good Job guys. Aku kasih jempol dua :D

Sedangkan buat kalian yang baru mau coba untuk daftar, ayo semangat guys. Akan banyak cerita yang mudah-mudahan bisa menginspirasi kalian untuk berjuang agar terus berusaha menyelesaikan persyaratan yang harus dipenuhi. Kerjakan dengan niat yang baik (niat baik itu kek gimana ya? haha), bersungguh-sungguh dan percaya diri. Motivasi dan sugesti adalah penting untuk terus ditanamkan dalam jiwa agar terpatri (weitsss, haha) dan yang paling penting guys, berdoa sama Allah. Semoga segalanya diridhoi oleh-Nya :)

Apa itu ICN (Indonesian Culture Nationalism)?


ICN merupakan sebuah konferensi yang dihadiri oleh para pemuda mewakili provinsi masing-masing di seluruh Indonesia. Kegiatan ini menekankan kepada nasionalisme pemuda Indonesia berbasis kebudayaan. Nah, buat kalian yang terpilih, selamat yah! Kalian adalah pemenang di provinsi kalian masing-masing. Bayangkan saja, ICN hanya memilih satu delegasi di tiap provinsi. Yah tapi bukan saatnya untuk membanggakan hal itu, yang paling penting adalah mempersiapkan segalanya dengan matang. Karena pertempuran yang sesungguhnya adalah ketika kalian berada pada kegiatan tersebut. Paham ya tekait dengan pengertian ICN tersebut? Aku sih menjelaskan kepada kalian berdasarkan pemahaman yang aku dapatkan dan yang aku alami pada saat itu.

Tapi yang harus kalian ketahui juga bahwa rangkaian kegiatan ICN itu bukan hanya ICN Conference saja. Sejauh ini sih rangkaian kegiatannya itu ada tiga. Pertama ICN Food Exhibition. Kedua, ICN Conference. Ketiga, ICN Festival. Jadi sebelum kalian datang jauh-jauh dari provinsi kalian masing-masing, kegiatan ICN itu sudah berlangsung. Keren kan. Aku aja salut banget sama panitianya. Pokoknya nikmati aja hari-hari kalian nanti yah. Ingat! Enggak boleh banyak mengeluh. Rajin bersyukur aja, kalian pemuda terpilih loh mewakili provinsi masing-masing. Banyak yang ingin menduduki posisi itu tapi posisi istimewa itu jatuh di tangan kalian. Nikmati dan syukuri. Oke?

Jika kalian mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini, maka kalian harus memenuhi persyaratan dengan membuat sosial proyek. Ini adalah persyaratan mutlak. Kalian sudah pasti tahu lah kan. Nah, Sosial proyek itu apa sih? Jadi ini adalah salah satu proyek yang kalian ajukan, proyek ini berkaitan dengan kemsyarakatan. Artinya, kalian membuat proyek yang bisa diterapkan di lingkungan masyarakat. Tentunya yang bermanfaat ya. Sekadar saran sih, lagi-lagi berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa yang harus diperhatikan dalam membuat sosial proyek ini. Berikut tipsnya untuk kalian:
  •  Permasalahan
Permsalahan disini yang harus kalian pahami adalah deteksi permasalahan yang betul-betul membutuhkan uluran  tangan kalian sebagai sossok pemuda pemberi solusi. Dalam artian, permasalahan yang benar-benar fatal dan butuh penanganan yang tepat untuk mengatasinya.
  • Kebermanfaatan Ide
Poin ini terkadang tidak terlalu diperhatikan. Padahal, proyek sosial yang kalian buat itu tidak harus memiliki ide yang wah atau wow banget. Cukup lihat sisi kebermanfaatannya jika diterapkan proyek kalian ini. Maksudnya kebermanfaatan dari segi feedback positif yang didapatkan oleh masyarakat ketika kalian menerapkan proyek yang telah dibuat. 
  • Penerapan Proyek Meyakinkan
Proyek sosial yang kalian buat nantinya, tidak hanya serta merta saja dibuat seperti itu. Tetapi, kalian harus benar-benar membuat proyek sosial yang bisa kalian terapkan di lingkungan masayarakat. Buatlah yang sederhana saja. Sederhana disini maksudnya adalah ide atau proyek yang akan diterapkan tersebut tidak terlalu ribet agar tidak terselip keraguan dalam penerapan proyeknya.

Nah itulah poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat proyek sosial. Ingat! Simple saja, asal proyek kalian bisa diterapkan di lingkungan masyarakat. Akan lebih baik lagi jika proyek yang kalian ajukan tengah berjalan atau sementara kalian terapkan di daerah masing-masing. Lebih tepatnya akan mendapatkan nilai plus dari dewan juri. Tetapi berdasarkan pengalaman kemarin, ada sih beberapa teman delegasi yang sementara menerapkan proyeknya namun tidak masuk dalam kategori lima sosial proyek terbaik. Entahlah, yang pasti penilaian juri dilihat dari beberapa aspek. Jangan lupa baca panduan. Wallahu A'lam :)

Pendaftaran untuk mengikuti kegiatan ICN biasanya ada dua gelombang. Gelombang pertama biasa akan terbuka sampai bulan januari, lalu dilanjutkan gelombang kedua. Kalau yang kemarin sih, kegiatan ICN 2018 dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 9-12 Mei 2018. Meski hanya empat hari saja, namun menyisakan cerita yang tak akan mungkin bisa kulupakan.

Salam Pemuda! ICN 2018: Akselerasi

Jadi buat kalian yang mau tahu kegiatan ICN secara rinci, tetap stay dalam blog ini ya. Aku ingin mengabadikannya agar kalian bisa belajar dan mempersiapkan diri kalian sebaik mungkin. Jangan lupa siapkan teh atau kopi hangat beserta biskuit untuk menemani kalian. Aku akan menceritakan secara detail setiap kegiatan yang aku lakukan pada saat mengikuti ICN 2018. Kita mulai dengan kegiatan pada hari pertama ya. Yuk intip apa aja sih kegiatan ICN 2018 pada hari pertama? Klik disini ya :)


Note:

Maaf guys, late post nih. Untuk kegiatan ICN Conference mulai dai hari pertama sampai terakhir aku belum update yah. Masih dalam tahap penyelesaian. Kalau kalian udah enggak sabar banget pengen baca, boleh langsung DM aja di IG aku @vstlnprtw_ :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)