بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

Mari Berkontribusi untuk Indonesiaku Melalui #GenLangitBiru





Era globalisasi saat ini terbilang sangat canggih, mulai dari media elektronik berupa media komunikasi, informasi hingga transpotasi. Teknologi tersebut tentunya sangat membantu masyarakat, menawarkan berbagai kemudahan dalam penggunaannya. Sebagai masyarakat atau pengguna teknologi, kita juga harus bisa memanfaatkan teknologi tersebut dengan sebaik mungkin. Karena setiap teknologi juga memiliki kekurangan yang bisa saja merusak lingkungan. Dalam rangka menjaga lingkungan, ada banyak program yang akan membantu masyarakat dalam menciptakan ramah lingkungan seperti yang diharapakan. Sebagai anak Indonesia dan penerus Bangsa ini sudah menjadi suatu keharusan untuk memiliki cita-cita dalam membantu memajukan Indonesia kita dengan melakukan hal-hal yang positif. CIta-cita tersebut yang akan mengantarkan kita sebagai penerus Bangsa untuk membantu dalam membuat Bangsa kita menjadi negara yang berkemajuan.

Pertamina adalah salah satu perusahaan bahan bakar minyak (BBM) terbesar di Indonesia yang memiliki visi “Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia”. Banyak upaya inovasi dan perbaikan yang dilakukan pertamina untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. Sebagai Iokomotif perekonomian bangsa Pertamina merupakan perusahaan milik Negara yang bergerak di bidang energy meliputi minyak, gas serta energy baru dan terbarukan. Pertamina menjalankan kegiatan bsinisnya berdasarkan primsi-prinsip tata kelola korposi yang baik sehingga dapat berdaya saing tinggi di dalam era globalisasi (pertamina.com).

Saat ini dalam rangka meningkatkan kualitas BBM yang lebih ramah lingkungan, pertamina memiliki program #GenLangitBiru. #GenLangitBiru adalah tema Pertamina dalam meningkatkan kualitas BBM dari Premium (RON 88) menjadi Pertamax (RON 92). Hal ini juga berkaitan dengan makna Langit biru yaitu agar pertamina dapat meningkatkan kualitas BBM yang lebih ramah lingkungan sehingga udara lebih terjaga, lebih sehat dan langit pun tetap biru. Jadi, pertanyaannya mengapa dari Premium (RON 88) harus diubah menjadi Pertamax (RON 92). Nah, sebelumnya kita perlu tahu dulu apa maksud dari keduanya.

Premium (RON 88) 
Premium adalah bahan bakar minyak yang produksi pertamina jenis distilat berwarna kuning dan jernih, biasa dikenal dengan bensin. Premium memiliki oktan atau Research Octane Number  ini merupakan terendah diantara BBM untuk kendaraan motor lainnya yaitu hanya 88. Secara umum  digunakan oleh kendaraan bermotor yang menggunakan bensin. Misalnya mobil dan sepeda motor. Adapun karakteristik dari premiu yaitu:
1. Penggunaan dalam mesin komprensi akan menyebabkan knocking, yaitu tenaga mesin yang berkurang sehingga terjadi pemborosan
2. Apabila knocking dalam jangka yang panjang, maka akan merusak piston sehingga alat tersebut lebih cepat diganti sebelum waktunya
3. Tidak memiliki zat aditif sehingga kondisi kurang berfungsi prima dan terjaga 
4. Menghasilkan jumlah Cox dan Nox dalam jumlah yang besar
5. Menggunakan tambahan pewarna pada bahan bakarnya

Sedangkan,

Pertamax (RON 92)
Pertamax adalah produk BBM yang berasal dari pengolahan minyak bumi. Sama halnya dengan premium, pertamax juga bahan bahan bakar minyak yang ada di pertamina. Pertamax ini dihasilkan dari penambahan zat aditif yang proses pengolahan nya dilakukan dalam kilang minyak. Adapun karakteristiknya:
1. Digunakan untuk kendaraan yang memakai bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal
2. Digunakan untuk kendaraan yang menggunakan electronic fuel injection dan catalyc converters
3. Mempunyai nilai oktan 92
4. Bebas timbal
5. Menggunakan ethanol sebagai peningkat bilangan oktanya
6. Menghasilkan Nox dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibandingkan BBM lainnya


Gimana guys? Paham ya.  Berdasarkan penjelasan tersebut, tentu ada perbedaan sehingga tema #GenLangitBiru ini untuk meningkatkan kualitas BBM dari premium menjadi pertamax. Jadi, langit biru yang cerah kali ini menggambarkan bahwa pertamina menginginkan agar masyarakat bisa membantu untuk mencerahkan langit biru agar tetap selalu terjaga dengan menggunakan bahan bakar minyak dari pertamax. Mengapa? Nah anjuran pertamina tentang meningkatkan kualitas BBM dengan menggunakan pertamax ini karena karakteristik pertamax lebih baik jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Jadi, keunggulan yang paling menonjol dari pertamax yaitu tidak menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang banyak, namun sangat sedikit. Adapun NOx dan Cox ini adalah asap dari kendaraan yang dihasilkan dari bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan tersebut. Asap ini biasanya berwarna hitam dan berbau sehingga sangat mengganggu masyarakat dan akhirnya mengakibatkan polusi udara. 

Apabila kita menggunakan pertamax menjadi bahan bakar untuk kendaraan, maka kita sudah termasuk dalam #GenLangitBiru yang ikut mendukung dan berpartisipasi dalam mewujudkan langit biru yang sehat dan cerah. "Mari Berkontribusi untuk Indonesiaku Melalui #GenLangitBiru" dan mari bersama kita tetap menjaga langit agar tetap biru nan cerah untuk masa depan Indonesia yang cerah pula. Pertamina sangat berperan penting dalam #GenLangitBiru dalam menciptakan Indonesia yang cerah. Masih banyak lagi program pertamina dalam rangka menciptakan ramah lingkungan. Semoga program pertamina yang selalu diadakan di Indonesia berjalan dengan lancar dan tentunya dapat tercapai sesuai dengan target. Terimakasih pertamina, semoga selalu JAYA dan tetap eksis di Negeri tercinta :)