بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

Mau Video Kalian Ditonton Hingga Ribuan kali? Ikuti Tips Berikut!




Apakah anda vlogger? Youtuber? Suka merealisasikan karya dalam bentuk video? Nah, tepat sekali anda membaca artikel ini. Karena pembahasan kita kali ini adalah belajar video editing. Era digital saat ini, kepopuleran mudah untuk didapatkan. Hanya bermodalkan kreativitas saja, kita sudah bisa membuat ketenaran di dunia maya. Misalnya saja, saat ini banyak kita lihat video-video yang viral seperti di instagram ataupun di youtube. Penggunaan video biasanya tidak hanya digunakan pada saat hal-hal tertentu saja. Namun saat ini, banyak orang lebih memilih untuk belajar suatu hal melalui sebuah video. Belajar cara memasak, menjahit, membuat kreasi tangan, membuat kue, apa saja hal yang perlu diketahui pasti lebih memilih belajar menggunakan video tutorial yang di download di youtube. Saat ini pula, guru dituntut untuk membuat video yang kreatif sebagai media pembelajaran bagi para siswa. Sehingga video editing memang perlu untuk dipelajari mengingat tantangan yang perlu dihadapi. 

Membuat video yang berkualitas tentu tidaklah mudah. Membuat masyarakat tertarik untuk menonton video yang kita buat bukanlah hal yang tidak sulit. Inilah yang menjadi tantangan besar bagi para pembuat video agar dapat membuat orang lain tidak jenuh saat menontonnya. Coba saja, ketika anda menonton video yang biasa saja tanpa variasi atau hal yang menarik apakah anda betah menonton hingga akhir? Bayangkan, anda membuat video tentang tutorial membuat kue. Jika video yang ditajmpilkan tidak memiliki variasi atau mungkin tidak ada penjelasan lebih detail tentang apa yang dilakukan dalam video dan terlihat monoton begitu saja. Padahal, saingan anda sangat banyak di channel youtube yang lain dengan tutorial membuat kue yang sama. Tentu saja penonton akan bosan dan malas menontonnya. Atau malah mencari video lain yang tentunya lebih menarik dari punya anda. Sekarang pertanyaannya. Bagaimana membuat video yang menarik untuk ditonton? 

Membuat sebuah video sama halnya dengan menulis. Tidak hanya sekedar buat lalu upload saja. Menulis pun demikian. Tidak hanya sekadar tulis, lalu di publish. Namun harus melalui beberapa tahap untuk menghasilkan video yang menarik dan pasti menjanjikan untuk ditonton oleh banyak orang. Apa saja tahap yang harus dilalui?

1.    Siapkan alat. Alat yang paling utama yang harus disiapkan adalah kamera. “Wah, enggak punya kamera nih. Gimana dong?” Tenang. Kita adalah generasi millennial yang hidup pada era digital. Jika tidak memiliki kamera, kalian bisa menggunakan smartphone canggih yang kalian miliki. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mau merk apapun, coba saja gunakan untuk merekam.

2.   Membuat konsep atau alur video yang akan dibuat. Jika anda hanya sekadar rekam saja tanpa mengacu pada konsep, maka video tersebut akan terkesan kuno dan tidak menarik. Disini juga ditetapkan lokasi serta variasi yang akan diberikan dalam video. Mungkin bisa dengan kombinasi tempat agar terlihat lebih menarik. Tahap ini juga merupakan bagian penting yang perlu dipikirkan dengan matang. 

3.    Melakukan perekaman. Nah ini adalah puncaknya. Video tidak akan jadi tanpa dilakukan sebuah perekaman terlebih dahulu. Proses ini juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati, agar hasil rekaman tidak mengecewakan. Dan ingat ya, sesuai dengan konsep atau alur yang telah dibuat.

4.  Pengeditan. Sesi perekaman telah usai, saatnya dilakukan pengeditan. Kebiasaan yang sering dilakukan bagi sebagian orang, setelah melakukan perekaman langsung upload atau publish video. Padahal, ada tahap yang harus dilakukan dan tahap inilah yang paling menentukan suksesnya pembuatan video. Pada sesi ini kita harus pandai membuat variasi dalam video. Seperti memberikan motion graphic atau animasi. 

5.     Publish. Tahap terakhir yang dilakukan adalah mempublikasikan video yang telah dibuat.

Nah. Bagaimana? Menurut kalian susah atau gampang nih? Tahap yang cukup menghambat dalam membuat video yang menarik ada pada tahap pengeditan. Kebanyakan, jika sudah sampai pada tahap ini akan kehabisan ide dan akhirnya malas. Tapi, percaya atau tidak percaya ini adalah bagian yang paling penting. Kalian harus belajar cara mengedit video. Karena poin penting ketertarikan penonton ada pada bagian pengeditan. Disini variasi akan dilakukan, memberikan motion graphic dan animasi tambahan yang diperlukan agar video lebih menarik. Untuk belajar edit video pun tidak mudah. Banyak cara agar kalian bisa tuntas dalam pengeditan video. Apa itu? Belajar otodidak. Belajar otodidak memang bagus, karena system yang digunakan adalah belajar dari kesalahan. Jika gagal, maka kita coba lagi. Gagal, coba lagi. Begitu seterusnya, sehingga kita akan mencoba terus dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Pastinya, kalian harus ekstra sabar dan kerja keras. Karena sesuatu yang besar tidak dilakukan dengan usaha yang kecil guys. Benar enggak?

Namun, kekurangan system belajar otodidak yaitu munculnya rasa malas dan terkadang menggunakan strategi mood. Kalau mood lagi baik sih, pasti belajar. Terus kalau tidak? Tentu tak ada hasil pula. Jadi selain belajar otodidak, ada cara lain yang bisa kalian coba agar tuntas dalam video editing. Apa itu? Dengan melakukan kursus video editing. Nah, disini akan menjadi kesempatan emas bagi kalian. Mengapa? Karena langsung dibimbing oleh yang ahli dalam bidangnya. Jadi kalian memiliki kesempatan untuk kritis, menanyakan tentang cara editing video yang menarik. Baik itu motion graphic, membuat video promosi untuk iklan di youtube, instagram dan facebook. Salah satu kursus video editing yang terpercaya adalah DUMET School

DUMET School akan memberikan pelayanan terbaik bagi kalian yang benar-benar serius untuk belajar editing video. Kalian bisa belajar editing video, membuat motion graphic, dan belajar membuat promosi untuk iklan di yotube, instagram dan facebook. Siapa saja yang bisa ikut kursus editing video di DUMET School? Jangan khawatir.

“Semua bisa ikutan kursus di DUMET School”.


 Mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, staff professional dan pemilik bisnis.


“Karena tidak ada kata terlambat bagi orang yang mau belajar”

Jadi bagi kalian yang mau belajar editing video, langsung saja daftar di DUMET School. Buat video kalian menjadi menarik dengan belajar membuat motion graphic untuk menghiasi video kalian. Berikut ini adalah salah satu contoh motion graphic dari DUMET School.



Gimana? Keren kan? Mau video kalian diawali dengan motion graphic yang seperti itu? Animasi lainnya? So, jangan ragu untuk kursus di DUMET School yah.


“Mengapa harus kursus editing video di DUMET School?”

Hayo, jarang loh ada kursus yang memiliki jadwal fleksibel. Umumnya, jadwal kursus sudah ditentukan oleh tempat kursus.
Kalau di lembaga kursus pada umunya harus ada minimal murid yang hadir baru kursus bisa dimulai. Wah, kalau DUMET School, walaupun murid hanya 1 satu saja kursus sudah bisa dimulai. Lebih efektif lagi waktu yang kalian miliki.




Keren! Kalian diajarin sampai bisa tak terhitung waktu. Masih ragu?

  
Benar-benar ajib! Pokoknya keren banget. Coba deh, kalian bakalan dapat gratis konsultasi loh meski sudah lulus.


Tunggu apalagi? Langsung saja daftar kursus editing video di DUMET School. Oh iya, ternyata DUMET School memberikan kesempatan bagi kalian DAFTAR FREE TRIAL. Apa tuh? Info selanjutnya silahkan klik disini.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)