بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

Awali dengan Belajar Gitar, Agar Bisa Berkontribusi untuk Negeri





Berbicara mengenai hobbies, semua tentu memiliki hobi masing-masing dan bervariasi. Kalau hobi pribadi, tak bisa kujelaskan dan kurincikan satu per satu. Karena aku tipe orang yang memiliki banyak hobi. Hobi tersebut kumanfaatkan untuk memberikan feedback positif bagi diriku dan orang lain. Menulis, membaca novel, nge-blog, memasak, mendengarkan musik dan menyanyi. Hobi yang paling sering kulakukan (tanpa sadar) adalah mendengarkan musik sambil bernyanyi. Entah sejak kapan aku menyukai dunia musik. Yang kutahu bahwa mendengarkan musik itu menyenangkan, membawa diri menjadi lebih relax. Apalagi jika dilakukan sambil ikut bernyanyi kecil. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui ini, tapi bisa jadi kalian belum mengetahuinya sama sekali. Ternyata mendengarkan musik dapat bermanfaat bagi kesehatan loh. Simple. Sekarang begini, silahkan dijawab sendiri pertanyaan di bawah ini.

"Apa yang kalian rasakan pada saat mendengarkan musik?"


Yup. Betul! (Hah. Apaan! Dijawab aja belum yah :D) Nah, kalau perasaan aku pada saat mendengarkan musik membuatku sedikit mengurangi beban yang ada (Yang nanya siapa coba? - Kan skefo, ya kan?). Buat kalian yang mungkin saja memiliki masalah atau sedang merasa lelah pulang kerja, banyak tugas kuliah atau hal lainnya yang membuat kalian jadi BETE pake banget. Bisa lakukan terapi ini (Hah! Terapi?). Cukup membantu sih, meski hanya sebentar saja meluangkan waktu untuk mendengarkan musik sembari bernyanyi kecil. Cobalah sambil bernyanyi mengikuti irama musik tersebut. Dapat dikatakan bahwa kalian akan 'amnesia' meski hanya sebentar saja, melupakan sejenak masalah yang tengah dihadapi. Relax yang akan dirasakan tidak berkepanjangan sih, namun setidaknya dapat menghibur diri sendiri. Lebih bermanfaat pastinya, daripada menunggu (atau mengharapkan) orang lain yang akan mengibur namun tak kunjung datang ya kan? *Ups*

Dikutip dari laman sehat.com, hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Yale menemukan bahwa bagi pasien yang mendengarkan musik favorite nya selama 30 menit sebelum melakukan operasi akan mengurangi tingkat stres dan pasien menjadi lebih relax untuk melakukan operasi. 

Tentu ini akan berdampak baik bagi pasien yang akan melakukan operasi. Apalagi, bagi pasien tentu harus merasa relax sebelum melakukan prosedur operasi agar tidak berakibat fatal seperti memiliki rasa cemas dan ketakutan yang berlebihan. Akibatnya hal ini dapat berpotensi untuk menganggu konsentrasi dan psikologi pasien tersebut. Tuh kan, masih belum percaya? Nah, dari laman vemale.com pun menjelaskan bahwa mendengarkan musik dapat memberikan 5 manfaat salah satunya adalah mengurangi tekanan darah. Melalui pertemuan yang telah disebutkan dalam acara American Society of Hypertension di New Orleans, bahwa mendengarkan musik klasik selama 30 menit dapat mengurangi tekanan darah tingi secara signifikan.

Tidak salah lagi,  ternyata hobi yang kulakukan selama ini adalah hal yang bermanfaat bagi kesehatan (Horeee...! Tepuk tangan). Hanya saja, ketika mendengarkan musik aku selalu iringi dengan bernyanyi. Akibat dari suka mendengarkan musik ini, aku mencari lagu-lagu kesukaan yang tentu bisa membangkitkan semangat dong. Seperti lagu motivasi, lagu daerah, lagu nasional dan lainnya. Pokoknya dengarkan lagu yang kalian sukai saat ingin me-relax-kan pikiran kalian agar lebih enjoy aja. Kalau dalam suatu acara kalian mendengarkan bukan lagu kesukaan kalian, ya pasrah aja. Kan enggak mungkin juga kalian mau ganti lagu seenaknya aja ya kan?

Ohiyya, kalian juga kalau mau mendengarkan musik jangan yang galau-galau yah. Nanti kalian bisa ketularan galaunya. Dengerin lagu jomblo aja kalian bisa ketularan jomblo. Serius loh (aku korbannya :D). Nah, kalau aku sih umumnya suka mendengarkan lagu yang dicover gitu. Cover lagu yang sering kudengarkan membuatku greget pengen juga buat cover lagu sendiri. Niatnya sih pengen buat cover khusus untuk lagu daerah seluruh Indonesia dan lagu nasional. Mengapa? Karena menurutku, semua cover-an untuk lagu POP atau lagu yang lagi nge-hits itu sudah sangat banyak. Jadi pengen buat sesuatu yang beda aja sih. Kapan ya? Doain ya guys, semoga cepat direalisasikan. Amin

Beranjak dari niat yang pengen aku realisasikan tersebut, aku berpikir bahwa harus memulainya dengan belajar gitar terlebih dahulu. Mengapa? Karena aku pengen banget bisa membuat cover sendiri sambil memetik gitar (Eeaaa.....). Menurutku itu adalah sesuatu hal yang luar biasa sih bagi diri sendiri. Meski sudah sangat banyak teman-teman diluar sana yang bisa bermain gitar dan membuat cover sendiri, tapi itu tidak mematahkan semangat aku untuk belajar (justru malah ngiri banget sama mereka). Bahkan suka ngayal dan nanya sama diri sendiri "kapan aku bisa kayak gitu juga ya?"


Hanya satu keyakinan yang aku pegang bahwa sesuatu hal yang dilakukan atas dasar cinta, maka hasilnya akan mampu menghadirkan cinta pula *Ups :D

Sebenarnya, aku udah punya partner buat realisasikan niatku ini. Dia cukup jago main gitar. Rencananya sih, dia gitaris terus aku vocalisnya gitu (Kok jadi malu-maluin ya Haha). Persiapan udah matang. Bahkan teman aku udah beli tripot yang bakal dipake untuk rekaman saat cover lagu. Tapi sayangnya, dia sekarang super sibuk. Sibuk banget. Jadi waktu untuk cover lagu bareng itu belum ada. Yah, karena tidak ingin mengganggu aktivitasnya, aku inisiatif aja untuk mulai belajar  gitar sendiri. Aku juga sering cover lagu tapi masih pake karaokean di Joox (sambil nge-tes suara :D). Makanya, aku berpikir bahwa hal pertama yang harus kulakukan adalah belajar gitar dan mulai cover lagu. Jadi, seperti yang aku katakan sebelumnya bahwa aku ingin cover lagu daerah dan lagu nasional itu dilandaskan oleh rasa cinta terhadap tanah air dan bentuk kontribusi yang nyata. Harapannya sih bisa mengembalikan lagu-lagu daerah Indonesia yang perlu dieksistensikan kembali. Bukan berarti karya-karya yang lain itu tidak bagus, tetapi akan lebih baik lagi jika kita juga mampu memviralkan kembali lagu daerah dan lagu nasional. Lagu nasional tentu akan lebih memunculkan jiwa nasionalisme, kecintaan terhadap negeri kita Indonesia.



Niat ini sebenarnya adalah output dari kegiatan yang pernah aku ikuti di Jakarta. Kegiatan tersebut adalah suatu kegiatan yang mengundang delegasi provinsi seluruh Indonesia. Jadi pada saat itu kami berjumlah 34 delegasi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Kegiatan ICN (Indonesian Culture Nasionalism) 2018. Kegiatan ini menyadarkanku bahwa aku adalah seorang pemuda. Pemuda Indonesia yang harus berkontribusi untuk negeri tercinta. Pemuda yang harus sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai agen perubahan. Selain itu, kegiatan ini benar-benar meningkatkan rasa nasionalisme kita sebagai negara yang kaya akan perbedaan. Memperkenalkan secara nyata budaya-budaya yang mewakili 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Berawal dari situ, aku berpikir.

"Apa yang sudah kulakukan untuk negeriku sebagai sosok pemuda agen perubahan?" 


Hingga akhirnya aku memiliki ide untuk menjadikan hobiku sebagai bentuk kontribusiku terhadap Indonesia. Hal itulah yang kemudian membuatku ingin membuat cover lagu nasional dan lagu daerah yang ada di seluruh Indonesia. Mungkin kontribusi yang kuberikan tidak seberapa, tetapi aku akan tetap terus belajar dan terus berkarya untuk Indonesia tercinta. Karena aku selalu ingat bahwa perubahan sekecil apapun itu akan sangat berarti bagi Indonesia, tanah air tercinta. Makanya aku semangat banget untuk belajar gitar agar aku bisa merealisasikannya :)


"Bagaimana dengan kalian pemuda Indonesia? Apakah kalian sudah berkontribusi untuk negeri tercinta? Jika belum, mari kita mulai dari sekarang. Bersama-sama menjadi sosok pemuda yang diharapkan Indonesia"





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)