بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

"Nulis yang aku sukai aja, semoga bermanfaat juga buat kalian. Happy reading :)"

Edisi #dirumahaja: (Drama) Membuat Kue Lebaran Bareng Mama



Hi Sobat Viijourney😊.

Seneng banget malam ini bisa menyapa kalian lagi melalui tulisan-tulisan ini. O ya, sesuai dengan judulnya aku bakalan mengabadikan momenku selama #dirumahaja. Kali ini, mau mengabadikan momen saat membuat kue lebaran bareng si mama dong tentunya. 

Kue lebaran yang sudah tertata rapi di ruang tamu, prosesnya dilalui dengan penuh drama lho. Yang kalau diingat, bisa senyum-senyum sendiri. Geli lucu gitu😂.

Jadi, aku sama mama udah sepakat nih mau buat kue lebaran sendiri. Biasanya, kalau ramadhan gini tuh aku pulangnya udah mepet waktu lebaran. Kali ini enggak. Alhamdulillah, sudah hampir sepuluh tahun kali yah baru bisa ngerasain ramadhan full di rumah. 

Nah, biasanya kalau ramadhan gini aku pulangnya udah diujung ramadhan, jadi kalo udah nyampe di rumah, semua toples udah terisi dengan aneka kue lebaran. Yaaa, gitu. Mama beli kue yang langsung jadi, sekian toples. 

"Males mama mau bikin kue, repot sendirian. Mending beli, nggak repot," begitulah kira-kira kalau ditanya soal kue lebaran. 

Karena udah dari awal Ramadhan kita komit mau buat kue lebaran sendiri, jadi topik untuk membicarakan tentang jenis kue yang mau dibuat itu kayaknya hampir setiap hari dibahas. Saking semangatnya kali yah. Mama selalu nanya yang aku kadang ngga bisa jawab. 

"Bikin kue apa yang enak ya?"

Paling kalau pertanyaan mama seperti itu, ya kujawab dengan simple. 

"La mama maunya bikin kue apa?" 

Pinter banget ya, pertanyaan dijawab dengan pertanyaan. Pokoknya menentukan jenis kue yang mau dibuat ini memakan waktu sekitar hampir dua mingguan masih belum fix juga. Sampai akhirnya, mama bilang;

"Bikin kue coklat aja yuk, itu yang ada coklat-coklat kecil diatasnya itu." 

Padune mau bilang cookies tapi ngga tahu namanya. 

"Yang kayak biskuit good time itu kah? Cookies ma?" 
"Ya pokoknya kue coklat itu, enak kayaknya itu."

Aku mengiyakan saja lah, wong aku mana pandai buat kue kering gitu. Apalagi mau disuguhkan di ruang tamu saat lebaran. Haha, ngga se-PD itu akunya. Hingga akhirnya, fix jadinya kita mau bikin kue cookies. 

"Mama apa tahu cara bikinnya?"
"Nanti kan lihat YouTube aja, ada to?"

Oalah. Mama udah kecanduan lihat tutorial di YouTube jadi kalo cari apa-apa serba di YouTube. Siang itu, saat sudah menyatakan kesiapan untuk membuat kue cookies, aku memutar beberapa tutorial membuat kue kering cookies di YouTube. Sembari nonton, mama menerka-nerka jumlah bahan-bahan yang akan digunakan.

Ceritanya tidak semulus yang diinginkan. Beli bahan, bikin kuenya, terus jadi deh. Ngga se-simple itu, ternyata. Kita mesti muter-muter nyari bahan-bahannya yang ternyata susah banget didapetin kalo disini. Cari dipasar, ngga ada. Toko yang dipercaya toko besar disini juga ngga ada. Kan, sampe hampir putus asa nyari bahannya. 

Akhirnya, mines beberapa hari menjelang lebaran. Kisaran enam harian lah. Aku inget banget pas satu hari setelah hari pasar. Nah, kalo disini pasarnya itu ada jadwalnya ya. Jadi ngga setiap hari itu pasar terus, gitu. 

Singkat cerita, aku sama mama pas lagi ngambil beberapa pakaian yang dipermak oleh tukang jahit. Tak jauh dari rumah tukang jahit ini, ada toko yang lumayan besar sih. Kita coba nanya bahan kue cookiesnya, iseng sih sebenarnya (iseng-iseng tapi butuh😂). 

Eh, ternyata ada. Tapi, si mama kuranh sreg katanya. Karena bubuk cokelatnya ngga cokelat yang hitam gitu. Jadi beliau maunya, nanti hasilnya kudu item gitu gais. Ngga yang cokelat pudarlah, maksudnya. Tapi ya, menurutku udah lumayanlah (ada cokelatnya). Apalagi ini keadaannya kita udah muter-muter (sampe sempat putus asa) cuma buat nyari cokelat aja. 

Eh, si mama. Lagi-lagi masih ngga mau beli cokelat itu. Aku sampe pusing dibuatnya. Akhirnya kita ya pulang aja dengan membawa pakaian yang diambil dari penjahit tadi. Sampai di rumah, mama masih mau lihat merk cokelat yang dipake dalam tutorial di YouTube. 

Ngga Nemu juga merknya. Tutorialnya juga nampakinnya ya yang udah dalam takaran gitu, ngga ngasih tau merk cokelatnya apa. Tapi, saat buka tutorial baru, ternyata ada yang ditambahi sama pastel cokelat. Mama langsung nanya sama aku untuk memastikan. 

"Pake pastel cokelat itu?"
"Iya, yang ini dia pake. Emang ada kah ma disini pastel cokelat?"
"Ada kalo cuma pastel cokelat disini banyak. Apa pake itu aja yo, nanti bubuk cokelatnya beli di tepat tadi terus ditambahkan sama pastel cokelat biar jadi cokelat hitam."
"Iya, bisa juga. Daripada ngga ada, ngga jadi-jadi juga."

Aku ya, lagi-lagi mengiyakan. Mana tahu aku, paling nanti bantu bentukin kuenya aja. Haha, bahaya nih. Kudu belajar membuat kue kering supaya nanti kalo udah berumah tangga, nggak beli kue langsung jadi terus *eh*😂.

Dan setelah mengiyakan, mama langsung pergi dong beli semua bahannya. Dan, siap untuk bikin kue esok harinya. Aku tentu exicted banget lah, secara gitu udah lama banget ngga bantu mama bikin kue. Selalu kalo pulang ke rumah, toplesnya udah pada full sama kue lebaran yang dibeli di pasar gitu. 

Hari H. 
Jadi, kue pertama yang dibuat itu adalah cookies donng. Mama membuat adonan cokelatnya, aku bantuin siapian semua yang dibutuhkan. Bantuin mixer adonanya juga. Sampai sudah jadi adonannya, saatnya membentuk si cookies ini deh. Haha, kita sampe ketawa-ketawa lihat bentuknya ada yang kecil, lebar, gepeng. Pokoknya bervariasi banget. 

Tapi, tentu happy banget lah. 

Sesekali, mama bercerita. Ya, entah ini ngomongin orang apa enggak. Intinya, tiba-tiba beliau langsung membuka pembicaraan siang itu. Soal seniorku yang nggak mau dijodohkan sama orang tuanya. 

"Itu lho si (sensor deh namanya) dijodohkan sama mamanya tapi dia nggak mau. Malah pas mau dijodohkan, langsung bilang ke mamanya. Mama saja yang nikah sana. Saya nggak mau."

Seketika aku tertawa, tanpa sengaja. Emang lucu sih ceritanya, dia senior di kampusku. Perempuan juga. Kalau ceritanya gitu, aku juga pasti nggak mau kalau dijodohkan. Setelah tertawa, aku cuma diam aja. Ngga merespon apapun. 

Pokoknya kalau pembahasan mama udah persoalan jodoh, pasti aku nggak nyaman. Nggak nyamannya bukan karena aku ngga mau nikah atau apa sih. Cuma, nggak pengen aja ditanya soal lelaki, pacar, dan sejenisnya. Karena untuk pertanyaan itu, benar-benar aku ngga punya jawabannya. 

Cerita mama nggak sampe situ doang. Beliau masih ngoceh lagi, soal si kakak senior itu. Eh, tapi emang aku nanya sih makanya topik ini masih berlanjut.

"La kenapa dijodohkan?"
"Ya wajar kalau mamanya mau jodohkan dia. Wong sudah berumur juga."
"Dia lho cuma beda setahun sama saya mak."
"Umurmu berapa kah?"

Ah, si mama. Ngga ngitung umur anaknya. Padahal baru aja mengulang tahun (ceritanya). Haha

"Baru aja genap dua puluh tiga," jawabku. 
"Umur sudah dua puluh tiga kok bilang -baru- itu lho." 

Seketika aku tertawa. Mama juga tertawa. Ah, dasar. Topik pembicaraan saat membuat kue lebaran ini cukup menegangkan. Untung cerita tentang jodoh cuma sampai disini. Dan, akhirnya kita fokus lagi dong sama kue lebaran yang sudah hampir selesai dibuat. Tapi, baru satu jenis kue. 

kue kering cookies (sumber: potret pribadi)


Nah, saatnya beralih lagi membuat kue lebaran selanjutnya. Ini sebenarnya membuat mama dilema. Padahal adonan udah jadi. Kata mama, udah biar aja terserah mau dibentuk apa yang penting buat lagi se-toples kue mentega. Hingga akhirnya mama menjatuhkan pilihan pada kue garpu. Kalian pernah lihat pastinya. Kue ini simpel banget buatnya. Cuma yaa, paling membentuk bulatannya itu yang cukup membuat kita jenuh. 

Pokoknya sejak pagi, kita berdua udah duduk untuk membuat kue lebaran sampai pukul dua belas teng. Yang jadi se-toples baru cookies aja. Disini adalah puncaknya lelah kami berdua. Sesekali, kulirik adonan di dalam baskom berwarna hitam itu. Entah sudah berapa kali banyak aku melontarkan kalimat ini sama mama. 

adonan kue (sumber: potret pribadi)

"Masih banyak adonannya Mak?"
"Masih lho, kok banyak sekali Yo ngga habis-habis. Mama udah sakit pinggang ini nunduk terus bentukin garpunya."

Aku tertawa kecil, geli sendiri. Aku juga udah lelah, jenuh banget ngebuletin adonannya. Tugasku memang itu, terus mama yang bentukin buletan yang aku buat itu dengan garpu. Selang beberapa waktu lagi. 

"Apa masih banyak to mae? Kok belum selesai-selesai?"
"Iyo, masih ini. Kenapa kok masih banyak yo?"
"Loh, nda tau. Mama itu yang naker bahannya."
"Harusnya yo enggak. Tapi kayak banyak sekali jadinya ini. Lupa mama, sudah lama nda pernah bikin kue."

Hahaha. LOL banget, kan😂😂

Sejenak hening. Aku masih penasaran lagi. Biar dikata mama bosan jawab pertanyaan ku, tak gentar aku terus bertanya. 

"Masih banyak mae?"
"Boleh ini, satu kali lagi jadi adonan. Kapok we, kemarin-kemarin terus nanya kapan bikin kuenya. Akhirnya sekarang apa."
"Iyo, sampe blenger bikin kuenya."

Lagi kami hanya tertawa, menghibur diri yang sudah lelah ingin istirahat membuat kue. Kuusap layar ponselku, ternyata sudah jam dua siang. Wah, lumayan yah. Duduk dari pagi ngopeni adonan kue lebaran sampe jam dua siang. Dan, inilah dia yang namanya kue garpu gais. 

kue kering -- kue garpu (sumber: potret pribadi)

Nah. Jam dua siang itu akhirnya disudahi karena memang sudah mau siap-siap lagi di dapur buat ngurus menu berbuka puasa. Jadi kita seharian ngga ada istirahat. Padahal aku juga udah ngantuk banget pengen tidur siang, tapi ngga bisa juga ninggalin mama yang mau masak sendiri. 

Hari itu penuh drama. Ada cerita yang bisa kuabadikan. Terimakasih, bagi yang sedia membaca cerita ngga penting ini. Dan maaf, jika di dalam tulisan ini tak ada kebermanfaatan yang kalian dapatkan. 

Lagi. Ini adalah sederet tulisan yang tak perlu dibaca (sama kalian) tapi sangat ingin kuabadikan. 

5 komentar:

  1. menarik banget boleh dong dishare juga resepnya kayaknya enak banget gitu kak haha

    BalasHapus
  2. Kemarin aku juga bikin cookies karena bosen nastar lagi dan lagi
    Ternyata cookies lebih banyak disukai anak2
    Bikin 2 toples langsung abis

    BalasHapus
  3. Seru banget cerita bikin kuenya wkwkw. Dulu sewaktu masih lajang pun sering bikin kue bareng mama. Sekarang udah nikah gak bisa lagi huhu. Manfaatkan waktunya sebelum nikah ya wkwk

    BalasHapus
  4. Pastel cokelat ini maksudnya pasta (pewarna makanan) cokelat ya?

    Ini seru loh bikin kuker bareng nyokap, yang gak pernahterjadi dalam hidup aku. Hihi.. karena dulu waktu kecil pernahnya bikin kuker bareng tante tante dan sepupu yang pada nginep di rumah nenek. Hal yang hanya bisa dirindukan saat ini...

    BalasHapus
  5. Seru banget lho, ada momen yang ga bakal terlupakan bikin kue di hari Lebaran, oh Ya next share juga resepnya ya

    BalasHapus

Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)