
Ini adalah salah satu tugas Kelompok mata kuliah Konsep Dasar IPS yang pengen banget aku posting beberapa waktu lalu, tapi karena blog aku lagi bermasalah, jadi baru bisa share sekarang deh. Buat kalian yang membutuhkan. Moga bermanfaat yah :)
‘Kelompok 5’ :
¶ Muhammad Syadillah
¶ Adnan Aswadi
¶ Khaerati Hamid
¶ Vista Alnia Pratiwi
¶ Ishak Said
¶ Kiki Anggreni
RESUME
“Hakekat Sumber dan Media
Pembelajaran IPS”
1. Sumber Pembelajaran IPS
1. Sumber Pembelajaran IPS
Ruang
lingkup IPS adalah kehidupan social di masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat
inilah yang menjadi sumber utama IPS. Aspek kehiduan social apapun yang kita
pelajari, apakah itu hubungan social, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah,
geografi ataukah itu politik, bersumber dari masyarakat.
Materi IPS yang dapat dipelajari dan menjadi bahan pembelajaran, tidak hanya kehidupan nyata di masyarakat, melainkan juga meliputi cerita-cerita, novel, kisah-kisah tokoh terkenal yang dan lain-lainnya yang dapat kita baca, serta dapat juga dibaca oleh peserta didik. Oleh karena itu, bahan bacaan seperti buku, surat kabar, majalah dan makalah, juga menjadi sumber materi IPS dan sumber pembelajaran IPS yang berharga serta bernilai dalam membina kepribadian peserta didik. Dari bahan bacaan tadi, dapat diperoleh berbagai pengetahuan termasuk didalamnya pengetahuan social dan juga nilai-nilai yang bermakna dalam kehidupan.
Materi IPS yang dapat dipelajari dan menjadi bahan pembelajaran, tidak hanya kehidupan nyata di masyarakat, melainkan juga meliputi cerita-cerita, novel, kisah-kisah tokoh terkenal yang dan lain-lainnya yang dapat kita baca, serta dapat juga dibaca oleh peserta didik. Oleh karena itu, bahan bacaan seperti buku, surat kabar, majalah dan makalah, juga menjadi sumber materi IPS dan sumber pembelajaran IPS yang berharga serta bernilai dalam membina kepribadian peserta didik. Dari bahan bacaan tadi, dapat diperoleh berbagai pengetahuan termasuk didalamnya pengetahuan social dan juga nilai-nilai yang bermakna dalam kehidupan.
Selanjutnya,
berita dan pemberitaan, baik berkenaan dengan kehidupan social setempat (lokal)
maupun pada tingkat daerah (regional), nasional dan juga dunia (global),
merupakan bahan pengetahuan serta dapat juga dipelajari. Oleh karena itu, surat
kabar, radio dan TV, merupakan sumber berita serta pemberitaan yang sekaligus
juga sebagai sumber materi IPS dan sumber pemberitaan IPS.
Dalam
kehidupa social manusia, ada aspek sejarah, yaitu peristiwa-peristiwa kehidupan
manusia yang telah lalu yang tidak kita alami sendiri. Namun, peristiwa
bersejarah itu sangat bermakna dan bernilai bagi kehidupan. Sehingga materi
sejarah juga merupakan materi IPS dan pembelajaran IPS. Peristiwa sejarah
tersebut, dapat dipelajari dari benda peninggalan masa lampau, seperti candi,
prasasti, dan barang lainnya. Semua benda peninggalan itu disebut dokumen. Oleh
karena itu, dokumen juga merupakan materi sumber materi IPS dan sumber
embelajaran IPS.
Dalam proses
pembelajaran IPS, mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti museum, dapat
mengembangkan wawasan kita, terutama peserta didik terhadap peristiwa masa
lampau, dan selanjutnya dapat dijadikan pisau analisis memperhitungkan kemajuan
serta kemungkinan kejadian yang akan datang.
2. Media Pembelajaran IPS
Hal-hal
yang tidak dapat diamati dan dipelajari sesuai dengan keadaan asinya memerlukan
alat atau perantara sebagai media. Alat perantara yang kita sebut media, sangat
membantu proses mengajar membelajarkan IPS yang menjadi garapan pendidik dan
peserta didik.
Hal dan
benda yang tidak dapat secara langsung diamati dan dipelajari, dapat
disampaikan atau disajikan melalui gambar, potret, peta, buku, majalah, dan
benda sejenis lainnya. Benda atau peralatan ini disebut media cetak. Dalam proses pembeljaran IPS, media cetak
sangat membantu dalam menarik minat peserta didik, membantu mengurangi
informasi lisan yang menjemukan, dan meningkatkan keterampilan alat indera.
Media
cetak tidak selalu disiapkan oleh guru IPS, melainkan dapat juga ditugaskan
kepada peserta didik untuk mengadakannya. Melalui tugas ini, keaktifan,
kreativitas, dan keterampilan mereka juga mendapat kesempatan untuk berkembang.
Berita
pemberitaan tentang kehidupan social ditempat lain diluar daerah kita
masing-masing, dapat kita peroleh dari surat kabar, radio, dan TV. Sehingga,
surat kabar, radio dan TV merupakan media pemberitaan.
Dari
pemberitaan tersebut, kita memperoleh informasi yang dapat dipelajari serta
ditelaah lebih lanjut dalam pembelajaran IPS. Jika surat kabar termasuk media
cetak, maka radio dan TV termasuk media elektronik.
Jika
radio memberikan informasi suara (audio) tanpa rupa, maka TV menyajikan
informasi suara dan juga rupa (audio-visual). Media informasi elektronik yang
mutakhir telah dimanfaatkan oleh kalangan tertentu, terutama oleh media pers,
yaitu internet.
Peristiwa
kehidupan social yang menjadi materi dan pembelajaran IPS yang dibatasi oleh
kesenjangan waktu termasuk aspek sejarah, dapat dipelajari melalui media yang
kita sebut dokumen. Museum tempat menyimpan dan memelihara dokumen termasuk,
gambar, prasasti, buku dan benda bersejarah lainnya. oleh karena itu berkunjung
kemuseum, merupakan suatu kesempatan yang berharga dalam proses pembelajaran
IPS untuk meningkatkan apresiasi dan wawasan perserta didik terhadap
nilai-nilai dan makna sejarah.
Setelah melakukan
proses mengajar pembelajaran IPS melalui berbagai sumber dan memanfaatkan
media, kita sebagai guru ingin tahu seberapa jauh proses tersebut mencapai
keberhasilan. Untuk mengetahui hal tersebut, kita harus melakukan evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Salam kenal dari ViiJourney buat semua Sobey yang sempat baca tulisan dalam blog ini. Sini, tinggalkan komentar di bawah. Kita saling sapa :)